Selasa, 04 Oktober 2011

hal memilih sahabat sejati

Kata “jangan” berarti larangan. Tetapi banyak orang muda tidak pernah peduli atau mereka lebih senang dengan jalan yang mereka pilih sendiri. Saya sangat prihatin dengan sistem pergaulan anak muda sekarang ini bahkan mereka mau hancur demi pergaulannya seperti menjaga perasaan temannya secara berlebihan.
Menjaga perasaan teman seh boleh-boleh aja tapi itu semua kan ada batasnya. Lagi pula dalam mencari teman baik kita harus lebih teliti, terkadang kita harus memilih teman yang bisa membawa kita kejalan yang lebih baik. Menurut aku seh gak ada salahnya memilih siapa teman kita yang paling cocok buat kita tetapi kan saya tidak tahu apakah teman-teman yang baca ini setuju apa nggak. Saya berikan contoh yang saya tahu dan ringkas ketika anda memilih seorang teman yang pemalas maka sedikit tidaknya maka sifat itu akan menular padamu meskipun itu lambat laun. Saya kaitkan dengan firman Tuhan yang tertulis dalam Amsal 22:24-25 bunyinya “jangan berteman dengan orang yang cepat gusar, jangan bergaul dengan orang pemalas supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri”.
Ketika saya membaca bacaan ini maka saya tahu apa kesalahan atau bisa dikategorika adalah kekeliruan saya selama ini, memang aku akui dulu tidak terlalu memilih-milih kawan hingga saya kami pergi jalan-jalan kemana pun yang kami mau sampai-sampai uang saya lebih cepat habis dari biasanya atau lebih boros dari sebelumnya. Ada juga kata bijaksana yang mengatakan bahwa “jika anda bergabung dengan orang-orang sukses maka anda akan menjadi orang yang sukses juga dan sebaliknya karena mereka akan berpengaruh besar terhadapmu hidupmu dan lingkungan juga akan mempengaruhinya”.
Nah, saranku buat teman-teman pandailah anda memilih teman yang cocok dan bisa membuat anda lebih baik agar tidak terjerumus dalam jurang dosa dan penyesalan dikemudian hari. Ingatlah tidak semua temanmu selalu ada untukmu tetapi hanya sahabat sejatilah yang akan selalu ada pada saat kamu membutuhkannya dan ia tidak akan berpaling darimu ketika kamu dalam keadaan duka. Buatlah dirimu baik maka akan banyak orang yang memberimu pujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar