Minggu, 18 Desember 2011

APA TELENTAMU?

APA TELENTAMU?
Karya feronika hutahaean

Semua manusia yang lahir di dunia ini telah memiliki talenta masing-masing. Begitu juga dengan anda, ada yang memiliki satu talenta, dua telenta bahkan lima telenta. Namun tidak semua manusia itu memanfaatkan dan mengembangkan talenta yang ia miliki. Terkadang ada rasa malu atau merasa dia tidak memiliki talenta tersebut sehingga ia mengubur talenta yang ia miliki dan jika hal itu terjadi maka akan memberikan dampak negatif bagi dirinya sendiri.
Jika kita tidak mengembangkan talenta kita maka Tuhan juga akan marah pada kita seperti yang dipaparkan oleh injil Tuhan pada kitab suci yaitu yang tertulis pada Matius 25: 14-30. Dalam injil tersebut bertemakan “perumpamaan tentang talenta” dijelaskan bahwa sebab hal kerajaan sorga sama seperti seorang yang mau bepergian keluar negri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberi lima telenta, dan yang seorang dua talenta, dan yang satu lagi satu talenta. Pergilah hamba yang mendapat lima talenta untuk menjalankan uang itu dan mendapatkan laba lima telenta dan hamba yang mendapat dua telenta tersebut juga menjalankan uang itu dan mendapatkan laba dua talenta, namun hamba yang menerima satu talenta itu menggali lobang di dalam tanah dan menyembunyikan uang tuannya. Pada saat tuan mereka telah pulang maka mereka pun mengadakan perhitungan, hamba yang menerima lima talenta itu datang dan membawa laba lima talenta yang ia dapatkan maka tuannya pun merasa senang dan ia menyuruh masuk dan turut dalam kebahagaiaan tuannya begitu juga dengan hamba yang memiliki dua talenta. Lalu datanglah hamba yang menerima satu talenta dia menuntut banyak kepada tuannya dan mengatakan kalau tuannya itu kejam yang menuai ditempat dimana tuannya itu tidak menabur dan memungut dimana ia tidak menanam oleh sebab itulah ia takut dan pergi menyembunyikan uang tuannya tersebut dan mengembalikannya maka tuannya pun marah sebab hambanya ini malas serta jahat dan tuannya pun mengambil uang tersebut dan diberikan kepada orang yang mau menjalankannya ia mencampakkan hamba yang tidak berguna tersebut kedalam kegelapan yang paling gelap.
Oleh sebab itu saudara sekalian sudilah kiranya kita mengembangkan apa talenta yang ada pada diri kita masing-masing kita menyumbangkannya kepada orang lain terlebih kepada Tuhan, saya berikan contoh ketika anda pandai bernyanyi maka bergabunglah dengan paduan suara yang ada di gereja atau di sekitar anda dan jangan biarkan talenta anda tersebut tertanam dalam jiwa anda. Saya yakin bahwa anda adalah orang yang memiliki banyak talenta maka mintalah kepada Tuhan agar membantu kita dalam mengembangkan talenta itu. Tetaplah berusaha, berdoa dan bersyukur sebab anda adalah orang yang memiliki banyak talenta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar