Selasa, 03 April 2012

“TEORI BEHAVIORISME VERSI IVAN P. PAVLOV”.

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam mempelajari suatu pembelajaran hendaknya kita memusatkan perhatian bagaimana cara psikolog mendefinisikan pembelajaran, dan kita akan melihat teori-teori melalui mata empat psikolog, dua mewakili sudut pandang behaviorisme, satu mewakili kognitif dan satu yang menjangkau apa yang secara longgar bisa didefinisikan sebagai mashab konstruktivis. Keempat pendirian ini tidak hanya melukiskan suatu sejarah teori pembelajaran, tetapi jiga berbagai perspektif yang membentuk pondasi bagi beragam pendekatan dan metode pembelajaran bahasa.
Peristiwa atau stimulus yang mengikuti respon dan yang cenderung menguatkan perilaku, atau meningkatkan kemungkinan terulangnya respon tersebut merupakan sebuah daya yang ampuh untuk menggerakkan perilaku manusia. Imbalan adalah aspek yang jauh lebih kuat dalam pembelajaran ketimbang sekadar asosiasi stimulus – respon seperti dalam model pengondisisn klasik. Kita diatur oleh konsekuensi-konsekuensi atas perilaku kita.
Tidak ada keraguan bahwa teori-teori pembelajaran behavioristik terus mempengaruhi pemahaman kita tentang proses pembelajaran manusia. Banyak hal yang benar dan berharga dalam teori itu. Namun, ada sisi sebaliknya yang patut diperhatikan. Kita telah melihat sisi yang menyatakan bahwa perilaku manusia bisa diprediksi.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan teori behaviorisme versi Ivan P. Pavlov?
2. Adakah contoh teori tersebut dalam kehidupan nyata?

1.3 Tujuan Makalah
1. untuk mengetahui teori behaviorisme versi Ivan P. Pavlov
2. untuk memperluasa wawasan atau pengetahuan tentang teori behavioristik
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Teori Behaviorisme versi Ivan P. Pavlov
Teori ini mengatakan bahwa setiap rangsangan akan menimbulkan gerak balas. Gerak balas ialah apa sahaja tingkah laku yang timbul akibat daripada rangsangan. Manakala rangsangan pula adalah apa sahaja bentuk tenaga yang menimbulkan gerak balas pembelajaran boleh berlaku akibat kaitan di antara rangsangan dengan gerak balas. Rangsangan juga boleh dikaitkan dengan satu rangsangan yang lain untuk mendatangkan pembelajaran. Pembelajaran yang berlaku karena perkaitan di namakan pelaziman manakala pembelajaran akibat dari perkaitan dua rangsangan di namakan pelaziman klasik.
Sebagai contoh apabila guru memberikan arahan supaya murid mengangkat tangan, maka murid dengan cepat akan mengangkat tangannya. Arahan ialah rangsangan, manakala tindakan mengangkat tangan ialah gerak balas. Hasil daripada kajiannya, Pavlov berpendapat bahwa pembelajaran boleh berlaku kesan daripada kaitan antara rangsangan dengan gerakbalas. Pembelajaran yang berlaku melalui perkaitan tersebut dinamakan sebagai pelaziman dan pembelajaran yang berlaku akibat dua ransangan ini dikenali sebagai pelaziman klasik. Pelaziman klasik ini termasuklah mengaitkan simbol-simbol dengan apa yang dilambangkan, mengaitkan nama dengan watak, mengaitkan istilah teknik di dalam fisik dengan apa yang dimaksudkan atau mengaitkan tarik dengan peristiwa
Menurut Ragbir Kaur Joginder Singh (2010), beliau menyatakan bahawa terdapat tiga prinsip asas di dalam eksperimen Ivan Pavlov. Prinsip tersebut ialah:
1. Setiap rangsangan akan menimbulkan gerak balas
2. Pembelajaran berlaku akibat kaitan antara rangsangan dan gerak balas
3. Pembelajaran yang berlaku akibat perkaitan di antara dua rangsangan dinamakan pelaziman


2.2 Teori pelaziman klasik Ivan Pavlov
Teori pelaziman klasik adalah tentang tingkah laku pembelajaran yang telah dipelopori oleh Ivan Pavlov ( 1849-1936). Pada tahun 1980-an. Pavlov mengkaji fungsi pencernaan pada anjing dengan melakukan pemerhatian pada kelenjar air liur. Dengan cara itu, beliau dapat mengumpulkan, menyukat dan menganalisis air liur hewan itu dan bagaimana ia dapat diberikan makanan pada keadaan yang berbeda. Beliau sadar anjing akan mengeluarkan air liur sebelum makanan sampai ke mulutnya dan mencari hubungan timbal balik antara air liur dengan aktiviti perut. Pavlov hendak melihat rangsangan luar dapat mempengaruhi proses ini. Oleh itu contoh paling awal dan terkenal bagi pelaziman klasik melibatkan pelaziman air liur pada anjing kajian Pavlov.
Berikut adalah tahap-tahap eksperimen dan penjelasan:
Pertama, apabila anjing diberikan makanan (Ransangan Tidak Terlazim – RTT ) maka secara refleks anjing akan mengeluarkan air liur( Gerakbalas Tidak Terlazim – GTT ).
Kedua, Jika loceng dibunyikan ( Ransangan neutral – RN ) maka anjing tidak memberi respon atau mengeluarkan air liur.
Ketiga, Dalam eksperimen ini anjing diberikan makanan (Ransangan Tidak
Terlazim – RTT ) setelah mendengar bunyi loceng (Ransangan Terlazim – RT ) terlebih dahulu, anjing akan mengeluarkan air liur akibat pemberian makanan.
Keempat. Setelah perlakuan ini dilakukan secara berulang-ulang, maka
ketika anjing mendengar bunyi loceng (Ransangan Terlazim – RT ) tanpa diberikan
makanan, secara automatik anjing akan memberikan respon berupa keluarnya air
liur dari mulutnya ( GerakbalasTerlazim – GT ).
Dalam eksperimen ini menunjukkan bagaimana cara untuk membentuk perilaku anjing agar ketika mendengar bunyi loceng ia akan memberi respon dengan mengeluarkan air liur walapun tanpa diberikan makanan. Karena pada awalnya anjing tidak memberi respon apapun ketika mendengar bunyi loceng.
Jika anjing secara terus menerus diberikan ransangan berupa bunyi loceng dan kemudian mengeluarkan air liur tanpa diberikan sebuah hadiah berupa makanan.

Maka kemampuan stimulus terkondisi (bunyi bel) untuk menimbulkan respons (air liur) akan hilang. Hal ini disebut dengan extinction atau penghapusan.
Pavlov mengemukakan empat peristiwa eksperimental dalam proses akuisisi dan penghapusan sebagai berikut:
Konsep Keterangan
Ransangan tidak terlazim sesuatu yang mampu menghasilkan suatu gerak balas.
Contoh: makanan
Gerak balas tidak terlazim sesuatu yang dihasilkan oleh sesuatu rangsangan.
Contoh: lelehan air liur
Ransangan terlazim ransangan yang baru yang diberi bersama ransangan lama.
Contoh: loceng
Gerak balas terlazim Gerak balas yang dihasilkan oleh ransangan baru setelah dipadankan dengan ransangan lama.
Contoh: lelehan air liur
Dalam eksperimen ini menunjukkan bagaimana cara untuk membentuk perilaku anjing agar ketika mendengar bunyi loceng ia akan memberi respon dengan mengeluarkan air liur walapun tanpa diberikan makanan. Kerana pada awalnya anjing tidak memberi respon apapun ketika mendengar bunyi loceng.
Jika anjing secara terus menerus diberikan ransangan berupa bunyi loceng dan kemudian mengeluarkan air liur tanpa diberikan sebuah hadiah berupa makanan. Maka kemampuan stimulus terkondisi (bunyi bel) untuk menimbulkan respons (air liur) akan hilang. Hal ini disebut dengan extinction atau penghapusan.



2.3 Contoh Dalam Kehidupan Nyata
Menurut Brennan, James F. 2006 dalam bukunya Sejarah dan Sistem Psikologi, sebagai contoh untuk menambah kelekatan dengan pasangan, jika anda mempunyai pasangan yang “sangat suka ” dengan coklat (RTT), setiap kali anda bertemu (GTT) dengan kekasih anda maka berikanlah sebuah coklat untuk kekasih anda, secara automatik dia akan sangat suka dengan coklat pemberian anda.
Berdasarkan teori, ketika hal itu dilakukan secara berulang-ulang, selanjutnya cukup dengan bertemu dengan anda tanpa memberikan coklat, maka secara automatik pasangan anda akan sangat suka dengan anda, hal ini dapat terjadi pembentukan perilaku antara (RTT), (GTT), (RT), dan (GT) seperti eksperimen yang telah dilakukan oleh Pavlov.















Daftar Pustaka

Daulay, Syahnan. 2011. Pemerolehan dan Pebelajaran Bahasa. Bandung. Citapustaka Media Perintis
Brown. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.
http://peoplelearn.homestead.com/psychlearncontent2a.html,
http://teori behavioristik versi Ivan Pavlov. html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar