Jumat, 03 Juni 2011

CONTOH TESK RUMPANG

Tesk Rumpang
Globalisasi, Mau Diterima atau Ditolak Ya?


Kemajuan teknologi di jaman modern ini ternyata membawa dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat, terutama anak-anak muda yang sangat mudah menerima arus globalisasi yang mengalir sangat deras ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Ada dampak positif dari(1) ... namun tidak sedikit dampak(2) ... jika kita tidak pintar-pintar(3) ... menyaringnya.


Dampak positif dari globalisasi(4) ... terlihat dari kemajuan teknologi(5) ... semakin hari semakin maju(6). ... rumah tangga kini sudah(7) ... dengan mesin, masuknya internet(8) ... kita mengakses informasi apapun(9) ... kita inginkan bahkan sekarang(10) ... sudah tidak membutuhkan tenaga(11) ... lagi karena semua sudah (12)... oleh mesin-mesin atau robot. Sungguh (13)... biasa pengaruh globalisasi bagi(14)...


Itu mungkin beberapa dampak(15) ... dari globalisasi yang kita(16) ... sekarang, tapi dampak negatifnya(17) ... cukup banyak dan sangat(18) ... , diantaranya akibat digantinya tenaga(19) ... ke mesin atau robot, mengakibatkan(20) ... pekerja-pekerja pabrik yang di(21)... . Dampak dari situasi seperti(22) ... adalah banyaknya pengangguran(23) ... mengakibatkan tingginya angka pengangguran(24) ... Indonesia. Dari sisi teknologi(25) ... terutama masuknya internet ternyata(26) ... sangat luar biasa bagi(27) ... dan remaja. Mudahnya masuk (28)... jaringan internet membuat banyak(29) ... menyalahgunakan fungsi internet yang(30)... .


Di internet sangat mudah(31) ... dapatkan informasi apapun, bahkan (32)... porno sangat mudah diaksesnya(33). ... internet yang awalnya diharapkan(34) ... sumber informasi yang mudah(35) ... positif bagi kita semua(36) ... anak-anak dan remaja, sekarang(37) ... fungsi meskipun masih tetap(38) ... sumber informasi yang paling(39) ... .


Untuk itu, bagi kita(40) ... sadar bahwa arus globalisasi(41) ... tidak harus dimakan mentah-mentah(42) ... harus di saring dahulu sebelum di konsumsi, harusnya mampu memberikan penyadaran pada masyarakat yang belum sadar tentang fungsi teknologi terutama internet yang sebenarnya.


Bagi orang tua berhati-hatilah(43) ... pergaulan anak-anak anda. Memberikan(44) ... kepada anak-anak dengan tujuan(45) ... mereka lebih kreatif dan(46) ... bukan berarti membiarkan mereka(47) ... apapun tanpa dibimbing dan(48) ... . Beri pengertian pada anak-anak(49) ... bahwa tidak semua situs di internet dapat diakses, mereka harus memilih mana yang penting dan mendukung untuk sekolahnya atau tidak. Situs-situs yang tidak penting lebih baik tidak diakses.


Jangan pernah takut menerima(50) ... zaman, jangan pobia terhadap(51) ... . Biarkan semua arus itu namun yang harus kita (52)... , pasang saring yang kuat(53) ... dampak negatif yang masuk(54) ... ditekan dan diminimalisir, sehingga(55) ... negatif globalisasi tidak dengan(56) ... mempengaruhi kita.


Mau dibilang modern bukan berarti kita jadi orang bodoh yang dengan mudahnya menelan mentah-mentah semua makanan yang layak dan yang tidak layak untuk dimakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar